Cara Mempercepat Loading Blog, 100% Pemula Wajib Tahu!

Avatar MR Y Maret 9, 2020 2 Comments

Mempercepat Loading Blog

Hai, selamat datang kembali, Bagaimana kabarnya? Trafficnya sudah naik belum nih, kalau belum coba diaudit blognya. sebelumnya saya membuat artikel tentang WordPress Mobile Friendly kalau belum baca silahkan klik link di atas.

Nah, salah satu komponen yang menyebabkan sebauh blog mendapatkan user adalah speed atau kecepatan blog, blog yang kecepatannya relatif bagus, akan cenderung mendapatkan visitor lebih baik, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Hal ini bukan semata opini saya saja, namun juga ditunjukkan dengan munculnya fitur baru yang ada di Google Search Console (GSC) yakni fitur “kecepatan (eksperimental)”.

Dimana fitur tersebut akan menunjukkan apakah kecepatan blog Anda bagus atau tidak, jika kecepatannya tidak bagus, maka akan ditujukkan dengan indikator berwarna merah. Jika sudah begini ada 2 pilihan yang bisa Anda lakukan, membenahinya agar lebih cepat, aatau membiarkannya saja.

Nah bagi Anda yang penasaran, aatu sedang mencari cara mempercepat pagespeed blog, cara mempercepat loading blog, cara agar loading cepat, jangan khawair, kerena dalam artikel ini akan saya jelaskan tentang cara mempercepat loading blog dari A sampai Z.

cara mempercepat loading blog

cara mempercepat loading blog

Perspektif Google Webmaster terhadap page speed Blog

Jadi apakah benar bahwa page speed sebuah blog sangat penting dalam menentukan posisi dan ranking artikel blog dalam mesin pencari Google?

Jawabnya adalah, penting. Namun tidak cukup sampai disitu, mengapa? Karena Google sendiri mengkategorikan kecepatan sebuah website atau blog (dalam hal ini) dalam 2 kategori, sangat amat cepat dan sangat amat lambat, tidak ada threshold yang jelas antara dua hal tersebut, tapi lagi-lagi Webmaster menggaris bawahi, bahwa membuat sebuah blog atau web dengan page speed yang bagus itu direkomendasikan.

Oke, itu sekilas mengenai pentingnya pagespeed bagi sebuah blog. Sekilas saja dulu ya, kalau dilanjutkan bakalan jadi panjang soalnya hehe.

Cara mempercepat loading blog

Sekarang kita beralih ke cara praktikan bagaimana membuat loading Blog lebih cepat. Barikut langkah untuk mempercepat loading blog :

  1. Cek dahulu kecepatan blog
  2. Cek user experience blog
  3. Upload gambar berukuran kecil dalam artikel
  4. Perhatikan widget apa saja yang di hompage blog
  5. Perhatikan pemasangan iklan

Berikut penjelasannya :

Cek dahulu kecepatan blog

Sebelum memutuskan untuk mempercepat loading sebuah blog ada, baiknya Anda ukur dulu, berapa sih kecepatan blog yang Anda kelola.

Untuk mengukur kecepatan sebuah blog Anda dapat menggunakan salah satu tools ini, GT Matrix atau Google Page Speed Insight. Silahkan, diukur dulu, jika sudah, Anda bisa screenshoot hasilnya, atau bisa juga dicatat, gunanya, nanti sebagai bahan pembanding.

Cek user experience blog

Setelah Anda berhasil mengukur pagespeed dan memcatat hasilnya, sekarang saatnya mempelajari user bagaimana menggunakan blog Anda. Jangan sampai malah ketika Anda update speed, user kabur.

Tak selamanya page speed yang ditunjukkan oleh GT Matrix ataupun Google Pagespeed Insight itu “nyata” seperti itu.

Hal itu ditunjukkan oleh berbagai web dan blog besar, banyak blog seperti website milik Backlink yang notabennya selalu page 1 bersama dengan webnya Neil Patel ternyata mempunya pagespeed yang buruk, nayatanya juga page 1, dan usernya banyak. Jadi pagespeed hanya salah satu faktor ya.

Upload gambar berukuran kecil dalam artikel

Ini sangat disarankan, gambar dengan ukuran kecil, misal 50 KB akan lebih mudah diloading brwoser dengan baik, dari pada image dengan ukuran 15 MB, apalagi jika interetnya bagus.

Jadi, ini cukup baik ya, kalau Anda mau memasukkan gambar dalam postingan, pastikan ukurannya kecil kalau bisa.

Perhatikan widget apa saja yang di hompage blog

Banyak sekai widget di homepage dan fitur, yang pastinya apabila tidak diseleksi secara ketat maka hanya akan menambah berat loading blog Anda.

Jadi pagi Anda yang suka kecepatan, apabila Anda ingin menaruh widget dan fitur lain di homepage atau muncul pada sebuar url, pastikan widget tersebut berguna, sehingga tidak sia-sia, karena widget tersebut akan turut andil dalam menambah waktu loading blog.

Perhatikan pemasangan iklan 

Pernahkah Anda test speed blog ketika belum didaftarkan Google AdSense, kecepatannya sangat bagus, baik untuk smartphone maupun desktop, dan kemudian setelah keterima Google AdSense kecepatan blog Anda menurun signifikan?

Jika Anda belum pernah saya kasih tahu, jika sudah pernah, tak ada salahnya membaca sedikit penjelasan ini.

Perubahan kecepatan saat loading blog tersebut diakibatkan oleh effort ekstra yang diperlukan browser terhadap tambahan kode yang perlu diload oleh browser, yakni kode iklan Google AdSense.

 

Ini baru iklan Google AdSense ya, belum iklan pribadi yang bisa Anda sewakan di blog berupa static benner, jadi sebelum pasang iklan apapun, Anda harus ingat konsekuensinya. Saya sendiri sih biasanya tak akan menerima iklan, kecuali yang bersangkutan berani bayar mahal.

Oke itu tadi tentang seputar kecepatan blog..

Kemudian, mungkin Anda bertanya “mengapa hosting tidak dimasukkan dalam kriteria untuk mempercepat loading blog?” Atau “kenapa tidak memasukkan Content Delivery Network (CDN) sebagai salah satu instrumen untuk meningkatkan pagespeed blog?”. Jawabannya adalah karena, saya berasumsi, Anda yang sedang membaca artikel ini menggunakan Blogger.com sebagai platform blogging, bukan wordpress atau CMS lainnya.

Blogger.com yang notabennya adalah milik Google, mempunyai data center sendiri di berbagai negara, yang notabennya setiap data center memiliki ratusan ribu server, kurang lebih itu, sebab sekilas, tentang, mengapa tak perlu CDN ketika Anda menggunakan Blogger.com.

“Bagaimana mempercepat blog jika saya menggunakan WordPress atau CMS lainnya?”, Ya, tentu saja, Anda harus menyeleksi hosting, pilih hosting yang bagus, jangan yang abal-abal. Begitu pula dengan CDN, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakannya jika dirasa perlu.

Oke, itu tadi artikel yang membahas tengtang tutorial mempercepat loading blog, semoga setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan insight positif, apalagi bagi Anda yang sedang bingung bagaimana cara mempercepat loading blog. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Avatar
AboutMaiza Rusfi Yandra

Comments (02)

  1. Avatar
    Maret 22, 2020

    Long time supporter, and thought I’d drop a
    comment.

    Your wordpress site is very sleek – hope you don’t mind me asking what theme you’re using?
    (and don’t mind if I steal it? :P)

    I just launched my site –also built in wordpress like yours– but
    the theme slows (!) the site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching for “royal cbd” on Google (would appreciate any feedback) – it’s still
    in the works.

    Keep up the good work– and hope you all take care of yourself during the coronavirus scare!

    Reply
    • Avatar
      Maret 25, 2020

      hy I have sent something to your email, regarding what you asked, thank you please ask if you have questions

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *